Petasan dan Ramadhan

Petasan dan Ramadhan
Kali ini saya coba menulis kan isi hati Saya tentang petasan, bukan tentang cara membuat petasan, tapi tentang bagai mana petasan atau mercon bila di gunakan sembarangan dan bukan pada moment yang tepat akan menjadi suatu hal yang sangat mengganggu dan berbahaya.
Lalu kenapa saya kaitkan dengan bulan Ramadhan?...
bulan Ramadhan adalah bulan suci Umat Islam, Selain Bulan Ibadah ada perilaku yang sangat berbeda di bandingkan bulan-bulan yang lain, yaitu marak nya petasan, entah sejak kapan tradisi ini di mulai, begitu tiba bulan Ramadhan maka secara otomatis akan kita temukan penjual petasan dimana mana, dan akan kita dengar suara petasan di berbagai penjuru.
Peredaran Petasan seringkali dilarang peredaran nya oleh pemerintah setempat tapi, entah kenapa peredaran nya tak pernah berkurang dan peminat nya pun hampir semua umur, walaupun tetap di dominasi oleh Anak-anak dan remaja.
Yang saya tekankan pada tulisan ini bukan petasan nya, tapi moment nya yang sering tidak mengindahkan ketenangan orang lain, tidak perduli bahwa bermain petasan dengan tidak melihat situasi akan dapat sangat membahayakan orang lain, termasuk si pengguna petasan itu sendiri.
Pernah seorang teman bercerita bahwa pernah jatuh dari sepeda motor nya karena kaget mendengar suara petasan yang tepat meledak di samping nya, dan banyak cerita-cerita lain tentang bahaya petasan.
Bulan Ramadhan adalah bulan yang di khusus kan Bagi umat Islam untuk menunaikan Ibadah Puasa dan Ibadah-ibadah lain nya untuk lebih di tingkatkan pada bulan Ramadhan.

Hubungan nya dengan petasan sudah jelas sangat mengganggu Orang yang sedang berpuasa .
Terhadap pengguna petasan itu sendiri kalau dia berpuasa bukan tidak mungkin Ibadah puasa nya akan rusak di karenakan banyak orang yang terganggu oleh perbuatan nya.
Contohnya, Saya sering kaget karena tiba-tiba ada petasan yang meledak tidak jauh dari posisi Saya,
Tak sengaja Saya mengucapkan sumpah serapah walau pun hanya dalam hati, Rusakkah Puasa Saya karena mengucapkan sumpah serapah, seandai nya bisa membuat puasa Saya rusak, mungkin lebih lagi yang diterima oleh sang penyebab, yaitu yang main petasan. Sungguh di sayangkan bila puasa Anda berkurang pahalanya hanya sebab petasan, dan bagi para Orang tua yang membiarkan anak-anak mereka sembarangan bermain petasan tampa mengenal waktu, selain bahaya untuk anak-anak kalau ada Dosanya mungkin untuk tabungan untuk Orang tua mereka.
Bukan Saya tidak suka petasan, tapi yang Saya tekan kan disini adalah situasi nya yang harus di perhatikan agar tidak terlalu mengganggu Orang lain, agar tidak ada lagi sumpah serapah untuk anda, yang bisa saja membuat anda tertimpa kesialan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

siapa saja yg punya usul agar blog ini lebih baik lagi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...