Samarinda vs Venesia



Kanal di Venesia yang mashur


Venesia adalah sebuah kota di Eropah yang sangat terkenal karena kanal-kanal yang digunakan untuk wisata air. Arsitektur bangunan kuno yang khas dan menawan menambah indahnya kota ini. Tak mengherankan kalau kota ini banyak menarik para wisatawan di seluruh penjuru dunia.



Bagaimana dengan Kota Samarinda,...
Samarinda adalah Kota Tepian yg di lintasi sungai besar yaitu sungai Mahakam, dan di dalam kota ada beberapa sungai-sungai kecil yg kebanyakan belum di mamfaatkan dengan baik, dan bahkan  ada yg hampir mati karena pendangkalan atau tertutup tumpukan sampah.

lantas, apa hubungan nya dengan Venesia...?
memang tidak ada hubungan nya dan sudah jelas sangat jauh berbeda
tapi tentunya tidak berlebihan kalau saya menulis dan memilih Venesia  sebagai bahan renungan dan Motivasi kearah yang lebih baik.
seperti yg kita ketahui, banyak daerah yg berusaha meningkat kan kepariwisataan, tentunya untuk meningkat kan kunjungan wisatawan asing dan lokal, yang sudah pasti dapat meningkat kan perekonomian daerah.
bicara Venesia tentu erat hubungan nya dengan kanal-kanal, bicara tentang kanal tentu tidak jauh berbeda dengan sungai.
DAS sungai Karang mumus kalau di poles tidak akan kalah dengan Venesia
Samarinda tidak punya kanal, tapi samarinda punya sungai sungai yang dapat di poles dan di sulap menjadi lebih menarik sehingga dapat memper indah Kota yg  nantinya secara otomatis akan menjadi menjadi magnet penarik wisatawan.
Dimasa depan, mungkin sudah tidak perlu lagi Danau buatan untuk bersampan ria atau bersepeda air, karena di sungai akan jauh lebih baik.


 asal kan dikelola dengan benar makai sungai bukan lagi sekedar saluran air, tapi akan menjadi tempat menyenangkan untuk semua penduduk kota dan akan menjadi sumber penghasilan baru bagi Masyarakat dan Daerah

tidak lah perlu semirip mirip nya, karena kita harus punya konsep dan ciri khas yang harus di pertahan kan, dan tidak perlu studi banding ke Venesia karena kita juga punya kemampuan untuk memberdayakan potensi yang kita miliki.



Tepian sungai Karang mumus yg mulai rapi menunggu Ide ide brilian dan dukungan Pemkot dan seluruh Masyarat

Venesia hanyalah sebuah contoh kota yang telah berhasil membuat Alam pemberian yang Maha kuasa menjadi lebih berharga.

by : yutrian


Baca juga :

Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dan Urgensi kepentingan Masyarakat



9 komentar:

  1. Sebenarnya Indonesia mempunyai potensi parawisata yang tak kalah saing, terutama daerah kalimantan yang kurang dikenal. saya sendiri sempat ke Pontianak, gimana sungai-sungai di sana yang seharusnya dapat dijadikan aset untuk daerah itu sendiri, ternyata kurang diperhatikan. sayang sekali...

    good info mas, semoga kita semakin sadar dengan daerah kita sendiri. sukses selalu...

    BalasHapus
  2. Itulah tujuan utama Saya pada tulisan di atas, yaitu memamfaat kan yang sudah di sediakan oleh alam. Thanks atas komentar nya.Itulah tujuan utama Saya pada tulisan di atas, yaitu memamfaat kan yang sudah di sediakan oleh alam. Thanks atas komentar nya.

    BalasHapus
  3. salam kenal :)
    saya juga blogger asal samarinda :D

    BalasHapus
  4. Negeri kita tidak kalah sama yang diluar, cuma pemerintah kita aja yang kurang peduli..

    BalasHapus
  5. salam kenal :)
    wah keren blog nya
    bisa buat sharing nih.
    oya kunjungan balik ya di
    http://horror-mediafire.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Saya juga sering mengidam-idamkan,seandainya sungai yang ada di indonesia,khususnya yang mengaliri perkotaan lebih bersih dan indah,selain menjadi sarana transportasi pilihan dapat juga menjadi tempat rekreasi......pokoknya salam hormat dan saya sangat mendukung dengan artikel2 seperti ini....trims infonya....Sukses

    BalasHapus
  7. benar tuh kalau dipoles bakalan tambah baik pariwisatanya

    BalasHapus
  8. Sebenarnya INDONESIA ini masih banyak tempat2 yang sangat berpotensi untuk dijadikan obyek wisata namun terbentur oleh FAKTOR baik itu dari segi PENDANAANNYA,CARA MERAWATNYA,dll..bahkan tidak jarang tempat wisata dirusak oleh sebagian TANGAN JAHIL jadi saya rasa FAKTOR MANUSIA nya dulu yang dibenahi agar mereka sadar bahwa ALAM untuk dijaga dan dilestarikan serta dipelihara..hahhayyy

    BalasHapus
  9. mumpung masih suasana lebaran di bulan syawal, hadir mengucapkan maaf lahir batin...keep happy blogging always...salam kemerdekaan :-

    BalasHapus

siapa saja yg punya usul agar blog ini lebih baik lagi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...