Cara membeli rumah kpr

Cara membeli rumah kpr


Membeli rumah melalui kredit kepemilikan rumah ( KPR ) bisa jadi cara untuk memiliki rumah impian dengan dana terjangkau dan dalam waktu yang cepat, namun jika kurang perhitungan tentunya dapat
menimbulkan beban dikemudian hari, kali ini ilmusipil berbagi pengalaman membeli rumah kpr melalui bank  mengenai pertimbangan dalam memilih lokasi, menentukan harga rumah, dan bagaimana agar keinginan kita disetujui bank penyedia KPR.
kenapa memlih membeli rumah melalui KPR?
jika belum punya rumah

saat ini sedang mengangsur KPR seharga 300 ribu/ bulan dan nantinya setelah 8 tahun rumah sudah menjadi milik sendiri kalaupun  tidak sanggup membayar angsuran ya anggap saja bayar kos. sedangkan biaya sewa kos atau rumah kontrakan di jakarta berkisar antara 300 ribu s/d 2,5 juta perbulan dan tentunya harga tersebut  terus naik tanpa bisa memiliki rumah tersebut.
jika punya uang banyak
sekarang ini mencari uang pinjaman tunai kepada bank cukup sulit, jadi alangkah baiknya uang tersebut digunakan sebagai modal usaha, kita dapat pahala karena membuka lapangan kerja, sementara hasilnya disisihkan untuk angsuran rumah KPR.
Bagaimana cara memilih rumah KPR?
berbagai pertimbangan perlu dipikirkan dalam memilih lokasi rumah KPR diantaranya:
  • lokasi rumah sebisa mungkin dekat dengan lokasi kerja atau usaha
  • Akses jalan ketempat kerja atau usaha bagus, melewati alam atau pemandangan yang dapat menyegarkan pikiran.
  • dekat dengan fasilitas publik seperti tempat ibadah, sekolah favorit, rumah sakit dll.
  • Arah hadap rumah juga menentukan. arah hadap ke timur akan mendapat sinar matahari yang sejuk diteras rumah dipagi hari. arah hadap barat dapat melihat matahari tebenam disore hari tapi kepanasan pada teras disiang hari, dapat di imbangi dengan penanaman pohon peneduh.
  • disetujui anggota keluarga tentunya.
Bagaimana memilih model rumah KPR ?
Rumah KPR rata – rata mempunyai konstruksi standar dengan kualitas dan model desain yang belum tentu sesuai harapan, jadi lebih baik fokus untuk memilih lokasi tanah yang baik dan masalah model rumah nanti bisa direnovasi.
Bagaimana cara agar keinginan kita membeli rumah KPR disetujui bank ?
nah.. ketika sudah berhasil memilih lokasi dan model rumah yang tepat, tentunya kita tidak ingin kalau permohonan KPR kita ditolak oleh bank. sederhana sekali cara perhitunganya
.
  • bank hanya akan menyetujui angsuran maksimal 30% x gaji perbulan kita, lebih dari itu angsuran dinilai memberatkan kita.
  • saat ini jika gaji kita dibawah 2,5 juta / bulan. selamat! kenapa? karena masuk nominasi untuk mendapat subsidi pemerintah dengan syarat untuk pembelian rumah pertama. dan tentunya mendapat nilai angsuran yang lebih kecil bahkan bisa sampai setengahnya.
Bagaimana menentukan jumlah dan waktu angsuran KPR?

jumlah angsuran adalah harga beli rumah yang di tawarkan pengembang dikurangi uang muka yang kita bayar. nantinya bank akan menentukan jumlah angsuran dan lamanya, untuk menghtungnya dapat menggunakan fasilitas kalkulator KPR dari bank BTN caranya masuk ke web http://btn.co.id/ kemudian klik pada menu kalkulator KPR pada pojok kanan atas.
BANK apa saja yang menyediakan KPR?
Dalam memilih bank yang akan di gunakan sebagai penyedia jasa KPR, sebaiknya kita memilih bank yang sudah terpercaya dalam menyediakan KPR. hal ini demi keamanan angsuran kita dan dokumen surat – surat rumah yang jadi jaminan. misalnya:
  • BANK BTN
  • BANK MANDIRI
  • BANK BRI
  • BANK BNI
Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk membeli rumah KPR ?
Pada saat mengajukan permohonan KPR ke bank kita gak perlu repot – repot karena biasanya pengembang akan memberi tahu kita apa dokumen dan syarat – syarat yang dibutuhkan. sebagai gambaran dokumen tersebut diantarany:
  • Surat keterangan gaji yang bekerja/ penghasilan bagi yang usaha
  • Surat keterangan belum memiliki rumah atau sedang menumpang dari RT dimana kita sekarang tinggal, ini bagi yang ingin mendapat subsidi pemerintah.
  • Foto kopi ktp
  • foto kopi kartu keluarga
  • foto kopi tabungan di bank tersebut.
setelah semua syarat dipenuhi, dan disetujui, tentunya kita harus mengangsur tepat waktu agar tidak  terkena denda tunggakan atau rumah KPR kita disita dan ditempel stiker ” RUMAH INI DALAM PENGAWASAN BANK …


Baca Juga : Cara menyimpan sayuran dalam Kulkas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

siapa saja yg punya usul agar blog ini lebih baik lagi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...