trik merawat kulkas supaya lebih awet

Kulkas alias lemari es adalah benda seperti lemari yang memiliki suhu yang dingin berfungsi untuk mendinginkan atau mengawetkan benda-benda yang dimasukkan ke dalamnya. Hampir setiap rumah pada masyarakat kalangan menengah ke atas memiliki benda elektronik yang dingin menyegarkan tersebut. Agar lemari es di rumah bisa bertahan lebih lama, sebaiknya kita
melakukan beberapa hal berikut ini. Dengan begitu kita dapat menghemat pengeluaran anda untuk pembelian baru maupun perbaikan di tempat service / reparasi perangkat elektronik. Inilah kiat tips dan trik merawat / membuat awet kulkas (lemari es) kita :
1. Hindari terlalu lama membuka pintu kulkas agar udara dingin tidak banyak berhembus keluar sehingga mesin tidak bekerja terlalu keras.
2. Masukkan barang-barang secukupnya tidak berlebihan agar mesin kulkas mudah mendinginkan ruangan dalam kulkas.
3. Hindari dari sinar matahari langsung atau dekat dengan benda-benda yang mengeluarkan panas. Jika ingin memasukkan makanan hendaknya tidak dalam suhu panas, tunggu hingga suhu tidak panas.
4. Set temperatur lemari es sesuai kebutuhan, jangan diset terlalu dingin jika tidak perlu agar mesin pendingin tidak dipaksa bekerja teralu keras serta dapat menghemat biaya listrik.
5. Bersihkan kulkas dengan spon atau lap lembut serta air hangat. Jika terdapat kembang es / bunga es / batu es di dinding lemari es jangan menggunakan benda tajam atau benda keras, cukup matikan kulkas, buka pintu kulkas dan tunggu es mencair normal.
6. Letakkan lemari es tidak menempel di dinding yaitu beri jarak kurang lebih 15 cm. Gunakan tambahan roda kulkas jika tidak ada rodanya agar lebih mudah memindahkan dan membersihkan kulkas.
7. Bersihkan kulkas secara rutin / berkala ada bagian belakang yaitu kondensor dan lain-lain agar tidak banyak debu dan kotoran yang menempel sehingga mesin lemari es mudah melepas panas / kalor.
8. Simpan kartu garansi lemari es anda dan hubungi pusat service resmi jika mengalami gangguan saat masih garansi. Lakukan petunjuk dan larangan pada buku panduan produk kulkas anda agar klaim garansi anda diterima tanpa masalah.
9. Pasang perangkat STAVOL ( stabilizer ) untuk menjaga kemungkinan arus listrik yang naik turun, sebab dengan kondisi arus listrik yang kurang baik ( tegangan naik turun ) akan menimbulkan efek kinerja kulkas tidak bisa optimal ( bisa juga akan menimbulkan kerusakan pada unit kulkas tersebut ).

Semoga lemari es anda awet dipakai selama bertahun tahun tanpa banyak mengalami masalah

Baca juga : Komponen pokok System pendingin
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...