tentang Kulkas

PANDUAN SERVICE KULKAS

1.mem-Vacuum system saluran Freon dalam sebuah kulkas bisa anda lakukan dengan menggunakan Vacuum pump, tetapi anda bisa juga gunakan kompressor kulkas lain sebagai
pengganti Vacuum pump dan cara paling praktis dan unik yg biasa digunakan teknisi kulkas adalah dengan cara memasang kapiler tambahan pada Filter Dryer sebagai jalan keluarnya udara pada system, setelah anda memasang kapiler tersebut anda bisa menghidupkan kompressor kulkas tersebut dan akan keluar udara dalam system lewat kapiler tadi sehingga terjadi kevakuman dalam kompresor dan evaporator tetapi tidak akan terjadi kevakuman pada kondensor.


2.pengisian Freon yg akurat adalah dengan cara menimbang dahulu freon yg akan diisikan dan mengunakan alat khusus, tetapi pada umumnya digunakan cara yg anda sebutkan yaitu dengan cara mengukur tekanan suctionnya dan diukur pada rentang 1sampai 2jam sejak pertama kulkas dihidupkan saat pengisian freon karena setelah suhu dalam kulkas mulai dingin tekanan di bagian suctionpun menurun dan tekanan normalnya antara 8-10 psi.


3. jangan mencampur Freon dengan tipe berbeda karena reaksi kimia dan tekanan masing-masing Freon berbeda-beda, misalkan R-11 tekanan gas nya jauh lebih rendah dibandingkan R-12.sedangkan untuk R22 lebih tinggi lagi.



Hati hati memperbaiki kulkas yg memakai R 600
kesulitan yang bagaimana? R 600 hanyalah berbeda pada jenis bahan pendingin saja yaitu jenis Hydrocarbon.Hati2 dalam penanganan r 600 karena sifatnya yang mudah terbakar.Jangan mencabut pipa koneksi dengan las bender.lebih baik pake pisau cutter apabila masih tersisa pendingin di dalam system


baca juga : Trik merawat Kulkas


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...