tentang Kulkas

PANDUAN SERVICE KULKAS

1.mem-Vacuum system saluran Freon dalam sebuah kulkas bisa anda lakukan dengan menggunakan Vacuum pump, tetapi anda bisa juga gunakan kompressor kulkas lain sebagai
pengganti Vacuum pump dan cara paling praktis dan unik yg biasa digunakan teknisi kulkas adalah dengan cara memasang kapiler tambahan pada Filter Dryer sebagai jalan keluarnya udara pada system, setelah anda memasang kapiler tersebut anda bisa menghidupkan kompressor kulkas tersebut dan akan keluar udara dalam system lewat kapiler tadi sehingga terjadi kevakuman dalam kompresor dan evaporator tetapi tidak akan terjadi kevakuman pada kondensor.


2.pengisian Freon yg akurat adalah dengan cara menimbang dahulu freon yg akan diisikan dan mengunakan alat khusus, tetapi pada umumnya digunakan cara yg anda sebutkan yaitu dengan cara mengukur tekanan suctionnya dan diukur pada rentang 1sampai 2jam sejak pertama kulkas dihidupkan saat pengisian freon karena setelah suhu dalam kulkas mulai dingin tekanan di bagian suctionpun menurun dan tekanan normalnya antara 8-10 psi.


3. jangan mencampur Freon dengan tipe berbeda karena reaksi kimia dan tekanan masing-masing Freon berbeda-beda, misalkan R-11 tekanan gas nya jauh lebih rendah dibandingkan R-12.sedangkan untuk R22 lebih tinggi lagi.



Hati hati memperbaiki kulkas yg memakai R 600
kesulitan yang bagaimana? R 600 hanyalah berbeda pada jenis bahan pendingin saja yaitu jenis Hydrocarbon.Hati2 dalam penanganan r 600 karena sifatnya yang mudah terbakar.Jangan mencabut pipa koneksi dengan las bender.lebih baik pake pisau cutter apabila masih tersisa pendingin di dalam system


baca juga : Trik merawat Kulkas


14 komentar:

  1. Permisi mau tanya? Apa nama alat electronik yg digunakan untuk mendeteksi kebocoran pada kulkas/freezer . . .

    BalasHapus
  2. Permisi ms , mau tanya tentang freon . Sebenarnya freon itu berupa gas atau cairan ? Karna sy beli freon 5 kg setelah saya pake isi berulang2 kok beratnya tidak berkurang, cuma tekanananya yg berkurang . Kalau berupa gas tapi sy coba goyang botolnya ada semcam cairan, saat kita melakukan pengisian yg benar posisi botol tutupnya di balik kebawah atau tetap di atas dan apakan cairan yg ada dalam botol tersebut harus di isikan saat pengisian . . ? Mohon pencerahannya ms. . . .makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  3. freon, sifat nya adalah berupa gas sama hal nya dgn LPG, dan freon juga ada yg mudah terbakar misal nya R600, R11, untuk R134, R22, R12 tak dapat terbakar. Selama isi nya masih ada tak perlu di kebawah kan kran tabung nya, di hawatir kan apa bila tabung di hadap kan kebawah, kotoran yg ada di dasar tabung misal nya karat, dapat ikut terbawa ke dalam Yunit

    BalasHapus
  4. Terimakasih ms yossi atas penjelasannya, o iya ms gimana cara kita melihat pk pada compresor , misalnya ada tertulis pada compresor : 200-220volt -50-60Hz 1pH , ini berapa pk ? Yang dilihat dari tulisan tersebut apanya? Karna sebagian compresor ada yang tidak tertulis pHnya ? Mohon penjelasannya ms . . . ? Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  5. Satuan daya compresor adalah pk, atau dalam bahasa inggris adalah ph, pada tabel komversi satuan daya: 1 pk=745,7 watt=0,746 kw 1 ph = 1,014 pk, apa bila tidak ada tertulis ph nya, bisa dilihat pada label yunit, atau hubungi Dealer dari yunit tsb, thanks, semoga bermamfaat

    BalasHapus
  6. Untuk detektor kebocoran, kebetulan saya masih pake detergen, atau busa sabun, tapi alat itu memang ada di jual tapi kebetulan saya belum pernah membelinya.

    BalasHapus
  7. Untuk detektor kebocoran, kebetulan saya masih pake detergen, atau busa sabun, tapi alat itu memang ada di jual tapi kebetulan saya belum pernah membelinya.

    BalasHapus
  8. Terimakasih ms yossi atas penjelasannya.

    BalasHapus
  9. Sama-sama, terimakasih atas kunjungan nya, dan sukses selalu, maaf bila ada banyak kekurangannya.

    BalasHapus
  10. Permisi pak yossi , numpang tanya? Gimana caranya blazzing evaporator kalau ada oli yang mengendap? Cara deteksi kebocoran dengan diterjen itu dilakukan waktu mesin beroperasi atau saat berhenti ? Mohon masukannya. . . . . Mksh sebelumnya.

    BalasHapus
  11. Membersihkan salusan evaporator dari oli, air dsb dgn menggunakan cairan tinner, yaitu dgn memasukkan cairan tinner kedalam saluran evaporator sampai penuh, lalu mendorong nya dgn AIR COMPRESOR sampai tinner nya habis keluar, dgn harapan oli atau air yg mengendap ikut terbawa keluar bersama tinner, untuk mengecek kebocoran ialah dgn memberi tekanan yg secukup nya kedalam evap dgn membuntu salahsatu ujung saluran evap, cara memasukkan tekanan yaitu dgn menyambung pipa kembali ke autlet compresor, matikan unit setelah tekanan dirasa cukup, selanjut air sabun bisa digunakan untuk mendeteksi kebocoran, hati-hati !, kelebihan memasukkan tekanan dapat membuat evap pecah, semua keterangan diatas sudah saya peraktekkan dan berhasil, terimakasih atas kunjungan nya.

    BalasHapus
  12. Makasih banyak pak atas penjelasannya, o iya pak, mohon penjelasannya apakah evaptr freezer box bisa di las/disambung kalau terjadi kebocoran, sedangkan bentuk evaptr dari pada freezer box berbentuk pipa alumunium memanjang di lingkarkan pada dinding dalam box freezer tersebut, mhn solusinya . Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  13. Saran saya, ganti aja pipanya dgn pipa tembaga, walaupun lebih besar biayanya tapi lebih awet, kalau di tambal atau di sambung, di khawatir kan kebocoran di akibat kan keropos, kalau kasus nya keropos bisa saja setelah kita tambal, akan bocor lagi di tempat lain, terimakasih.

    BalasHapus
  14. Makasih banyak pak atas solusinya, salam sukses buat pak yossi . . . ,

    BalasHapus

siapa saja yg punya usul agar blog ini lebih baik lagi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...